Loading...
Loading...
Loading...
Jam Buka: Senin - Minggu, 24 Jam.

Artikel Kesehatan

Home Detail Artikel
Detail Artikel RS Aqidah
Artikel
Fakta-fakta Soal USG Diagnostik untuk Deteksi Masalah Kesehatan

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan USG (Ultrasonografi). Prosedur medis ini biasanya dilakukan untuk memeriksakan kehamilan dan kondisi janin dalam rahim. Namun, ternyata ada juga kondisi tertentu yang membutuhkan pemeriksaan USG. Misalnya, untuk mendeteksi kemungkinan terjadi masalah kesehatan pada pasien.

dr. Ike Chandra Putri, Sp.Rad., AIFO-K, dokter spesialis radiologi RS Aqidah menjelaskan bahwa, USG adalah pemeriksaan paling dasar. Dalam artian, hampir semua rumah sakit pasti memiliki fasilitas ini.

"USG atau Ultrasonografi adalah pemeriksaan menggunakan gelombang suara yang diubah menjadi gambar," Kira-kira bagaimana cara kerjanya, ya? Umumnya, pemeriksaan USG dilakukan dengan alat bernama transduser untuk memancarkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi. Penggunaan transduser sendiri ada yang ditempel di kulit dan ada juga yang dimasukkan ke dalam tubuh.

Lebih lanjut, dr. Ike membenarkan bahwa memang ada dua jenis USG dalam dunia medis. Bicara mengenai USG diagnostik, prosedur ini dilakukan oleh dokter spesialis radiologi. Pemeriksaannya pun bermacam-macam, mulai dari kepala sampai pinggul. "Ada yang untuk pemeriksaan kepala, leher, dada, kalau untuk wanita pemeriksaan payudara, tapi yang sering diminta adalah abdomen atau perut," jelas dr. Ike.

Sementara, untuk pemeriksaan daerah panggul, bisa melihat kondisi yang biasa dikeluhkan wanita dan pria. Kalau pada wanita berkaitan dengan nyeri daerah panggul, misalnya ada gangguan dari menstruasi. Kalau untuk laki-laki, kita bisa melihat adanya gangguan prostat atau saluran kencingnya.

Namun, tidak menutup kemungkinan, USG diagnostik juga dilakukan untuk memeriksa otot-otot pada bagian tubuh lainnya, seperti lengan dan kaki. dr. Ike menjelaskan, pemeriksaan USG diagnostik dilakukan berdasarkan tujuan tertentu, biasanya mengacu pada kondisi yang dikeluhkan pasien. Setelah hasilnya keluar, bisa menjadi acuan untuk dilakukan penanganan medis lebih lanjut.

Uploaded: 2022-08-29 10:08:15

Hubungi RS Aqidah

Jl. Raden Patah No.40, RT.004/RW.010, Parung Serab, Kec. Ciledug, Kota Tangerang, Banten 15153.

[email protected]

(021) 731 0851

+62 877-7408-2789

Ikuti RS Aqidah

© RS Aqidah. All Rights Reserved.

Designed by: IT Division RS Aqidah